Jalan-Jalan ke Ereke, Buton Utara

Tanggal 28 Januari kemarin, embun masih melekat di ujung daun ketika saya melangkahkan kaki keluar dari pintu rumah menuju ke terminal Lapangan Temba yang merupakan terminal angkutan keluar Kota Baubau. Ikut bersama saya sebuah tas punggung berwarna hitam yang menggembung berisi beberapa lembar pakaian dan dokumen. Hari itu saya akan pergi menuju ke Kulisusu, ibukota sementara Kabupaten Buton Utara yang untuk keperluan dinas. Jaraknya 193 km dari Kota Baubau. Untuk itu saya sudah harus berada di terminal sebelum pukul 06.00 jika tidak ingin ditinggal pergi oleh angkutan.

Selain untuk keperluan dinas, perjalanan ini juga merupakan jawaban bagi rasa penasaran saya akan cerita, keadaan alam dan manusia-manusia yang mendiami daerah yang baru memekarkan diri Kabupaten Muna di Tahun 2007. Menurut sejarah, Kulisusu/Kolencusu/Kalingsusu merupakan salah satu dari empat benteng pertahanan Barata Patapalena (cadik penjaga keseimbangan perahu negara) di masa Kesultanan Buton. Barata Kulisusu bersama-sama dengan Barata Muna, Barata Tiworo dan Barata Kaledupa merupakan pintu-pintu pertama pertahanan sebelum musuh merengsek ke dalam wilayah pusat kekuasaan di Bau-Bau. Olehnya itu mereka memiliki peran yang cukup penting dalam menjaga keselamatan negara. Mereka juga diberi hak otonom untuk mengatur sendiri daerahnya termasuk memiliki tentara sendiri namun dengan batasan-batasan pengaturan yang sudah digariskan oleh pemerintahan pusat yang ada di Bau-Bau.

Tapi itu adalah cerita dimasa dahulu, di saat Kesultanan Buton belum mengintegrasikan diri ke dalam NKRI. Adapun cerita tentang Buton Utara saat ini adalah kisah tentang daerah yang tidak terurus karena dianaktirikan dalam pembangunan selama puluhan tahun. Akses ke daerah ini hanya terbuka melalui pintu-pintu laut padahal merupakan daratan yang tidak terputus dengan saudaranya di Kabupaten Buton. Jalanan beraspal mulus masih merupakan mimpi-mimpi yang belum terwujudkan selama bertahun-tahun. Aliran listrik masih menjadi kebutuhan yang sulit dipenuhi di sebagian besar daerah. Di ibukota kabupaten sendiri, listrik hanya mengalir pada pukul 18.00-06.00. Pintu komunikasi hanya terbuka melalui wartel satelit itupun dalam jumlah yang masih bisa dihitung dengan jari.

Cerita tentang Buton Utara saat ini adalah ironi sebuah kawasan yang kaya sumberdaya alam namun hampir tidak menolong kemajuan daerah. Buton Utara memiliki banyak potensi bahan tambang (aspal, minyak bumi, emas dan konon uranium), hasil hutan (jati, damar, dan rotan), hasil laut serta kawasan perkebunan yang subur namun juga memiliki 33,93% penduduk yang tidak punya pendidikan dan 32,79% yang hanya berpendidikan SD/MI.Penduduk yang sarjana hanyalah 1,67%

Cerita tentang Buton Utara adalah kisah tentang perlawanan masyarakat terhadap keterbelakangan. Diawali oleh kesadaran akan ketertinggalan daerah mereka, kemudian mencari akar permasalahan, akhirnya masyarakat bahu membahu menuntut pemekaran. Berhari-hari, bermingg-minggu bahkan berbulan-bulan mereka berdemonstrasi menuntut pemekaran daerah mereka dari Kabupaten Muna. Mereka melakukan demonstrasi secara marathon, mulai dari Kulisusu, pindah ke Muna dan kemudian di lanjutkan di Ibuko Propinsi, Kendari. Bahkan konon mereka siap-siap akan ke Jakarta jika tuntutan pemekaran belum terealisasikan setelah berdemo di Kendari. Untunglah pihak Jakarta cepat merespon dengan melakukan pemekaran sebelum mereka merealisasikan rencana ke Jakarta. Semua usaha itu dilakukan dengan inisiatif dan anggaran swadaya masyarakat sendiri (termasuk dari para warga Buton Utara yang hidup di luar daerah) karena adanya keengganan pemerintah meluluskan keinginan itu.

Untuk mencapai Kulisusu dari Kota Baubau kita harus melalui perjalanan darat ke mobil-terjebakKambowa, perbatasan Buton Utara dan Kabupaten Buton yang bisa ditempuh sampai dengan lima jam karena rusaknya jalanan. Bahkan di beberapa penggalan jalan, mobil harus berjalan merangkak karena lintasan berlumpur yang kalau tidak hati-hati ban kendaraan bisa terpeleset bahkan terjebak hanya bisa meraung-raung tak bisa bergerak maju atau mundur. Ironis memang. Karena kondisi ini terjadi di daerah yang dikenal sebagai salah satu penghasil aspal alam terbesar di Indonesia.

Angkutan Ke Buton UtaraSampai di Kambowa, perjalanan dilanjutkan dengan spit menuju Kulisusu selama ± 2 jam. Di Kulisusu, kenyataan akan masih tertinggalnya daerah ini sangat jelas terlihat. Di pusat kota, jalanan banyak yang berlubang, bahkan ada yang tidak beraspal sama sekali. Banyak rumah yang terlihat tua karena dindingnya yang retak-retak dan catnya yang sudah terkelupas. Listrik hanya bisa dinikmati mulai pukul 18.00 – 06.00. Itupun setiap dua hari sekali hanya bisa dinikmati mulai pukul 23.00. Pasar yang tersedia hanya satu. Itupun buka hanya sampai pukul 11.00. Untuk berkomunikasi, jangan berharap pada telepon genggam yang anda bawa karena di daerah ini tidak ada operator yang beroperasi. Alat komunikasi yang tersedia hanyalah wartel satelit itupun dalam jumlah yang masih bisa dihitung dengan jari. Jadi selama berada di Kulisusu, dunia kita adalah orang-orang di sekeliling kita. Lupakan sejenak teman-teman dan keluarga yang berada jauh.

Kemarin setelah mekar, harapan akan kemajuan itu terbit seiring dengan adanya pejabat bupati yang memiliki darah pribumi yang memungkinkan masyarakt Buton Utara untuk menata sendiri daerah mereka. Namun harapan itu pupus seiring dengan banyaknya indikasi penyimpangan dari pejabat bupati tersebut. Akhirnya mereka kembali berdemo, menuntut digantinya pejabat bupati. Dan saat kami tiba, pejabat bupati yang baru telah menjabat dan akan mengadakan ramah tamah dengan semua warga Kulisusu bertempat di rumah salah seorang saudaranya sebab rumah jabatan bupati sedang direnovasi. Untuk kesekian kalinya, Warga Buton Utara menata mimpi-mimpi baru.

About these ads

Tentang Nasruddin

Saya seorang penikmat alam sekitar khususnya pesisir dan laut. Anda dapat mengontak saya di lanas2306@yahoo.com Salam
Tulisan ini dipublikasikan di Jalan-Jalan. Tandai permalink.

57 Balasan ke Jalan-Jalan ke Ereke, Buton Utara

  1. Abdul Syair berkata:

    Bagaimana dengan letak Ibu Kota………..??????????????????

  2. Abdul Syair berkata:

    Sebagian orang menganggap bahwa Buton Utara itu adalah Ereke…tapi itu menjadi sebuah kesalahan fatal karena buton utara itu terdiri atas 6 kecamatan : Kambowa, Bonegunu, Kulisusu Barat, Kulisusu Utara, Wakorumba utara dan Kulisusu (Ereke)meskipun demikian Ereke menjadi perlambangan dari Kabupaten Butur….

    Pertanyaannya… apakah uraian di atas merupakan jabaran dari judulnya. Seharusnya judul dari artikel ini adalah Jalan-Jalan ke Ereke Kab. Buton Utara…

    Sekali lagi … Buton Utara itu bukan ereke tapi Ereke itu adalah Buton Utara..

  3. Abdul Syair berkata:

    Saya tunggu penjelasannya…………….

  4. DASA ISKANDAR OGO berkata:

    Abdul Syair betul, Ereke hanya salah satu kota kecamatan di Buton Utara, saya tertarik dengan informasi tentang benteng…. sejarah orang kulisusu mungkin juga penting… JIka ada referensi… saya pengen memilikinya… bisa bantu ??

  5. Jumadil, S.Si berkata:

    Saya sepakat dengan komentar Abdul Syair.. bahwa Buton Utara bukan cuma Ereke, melaikan Buton Utara terdi dari 6 kecamatan, oleh sebab itu kita harus memperkenalkan seluruh daerah yang ada di Butur..
    Saya juga sepakat denga artikel mengenai jalan-jalan kebuton utara
    yang begitu melelahkan untuk menjangkau daerah buton utara.. melewati daratan yang belum diaspal dan jalan berlumpur melewati lauatan hanya menggunakan perahu tempel, dan layanan telekomunikasi belum memadai. inikah Buton Utara …???
    oleh sebab itu kita harus beruluran tangan membantu masyarakat dan pemerintah untuk membangun Buton utara.. kearah yang lebih baik.. karena kesejahteraan merupakan harapan masyarakat dan impian generasi mendatang….

    Jumadil….. Putra Labuan…….

  6. gusbud berkata:

    Perkenalkan saya agus b, alumni smu 1 kulisusu kuliah di UGM jogja, now kerja di jakarta. secara demografi memang tidak keliru jika kemudian sebagian orang menganggap ereke adalah representasi dari butur karena alasan demografi penduduk sekaligus sebaran ekonomi butur boleh jadi diwakili lebih dari 60% oleh ereke. adalah menjadi kewajiban kita sebagai warga butur untuk saling mendukung dan bekerjasama yang pada gilliranya nanti akan kita rasakan manfaatnya

  7. Yasir Arafat berkata:

    Benar, Karena Buton Utara Terdiri Dari 6 Kec..hanya karena kebiasaan Masyarakat dari dulu sampai sekarang Walupun mereka Berasal dari kecamatan diluar Ereke,Di lima Kec.lainnya yg ada Di Butur, pabila mereka berada di Rantau (diluar Wilayah Kab. Butur)bila ditanya, mereka pasti menyebut asalnya dari Ereka.Jadi kebanyakan Orang lebih mengenal nama Daerah Ereke dibandingkan daerah lainnya yg ada di Kab. Butur..
    ” Smoga Masyarakat Butur selalu Semangat bergotong Royong dalam membangun Kab. Butur.!”

  8. nurlin berkata:

    mimpi-mimpi dari jiwa yang gelisah tak kan pernah mengubur dirinya, sebuah kenyataan menuntut pengakuan “benar” bahwa kulisusu adalah gambaran kebohongan mitos kesejahteraan yang selama ini pernah diungkapkan dalam pidato-pidato yang mengganggu telinga batin kebenaran, dalam kebohongan laporan-laporan pengalokasian keuangan yang menipu mata polos yang tidak berpengetahuan,
    sebagai putra asli BUTUR yang sedang menuntut ilmu dinegri hulontalo (gorontalo) rasa prihatin akan negeri tercinta mengakar sampai ke dasar jiwa yang kemudian membakar motivasi untuk berdiri menegakkan kejayaan buton utara dimasa depan

  9. PUTRI WULANSARI SA berkata:

    Sebagai putra-putri daerah Buton Utara tentunya sangat bangga melihat perkembangan kabupaten BUTUR yang mulai mengalami perkembangan. Mulai dari infrastruktur dan komunikasi sudah di jangkau media telefon dan internet. Sehingga kita dapat memantau perkembangan yang terjadi disana dengan sangat mudah. Walaupun jalur Perhubungan darat maupun laut blm memadai.

    Kebudayaaan dan pariwisata yang ada di BUTUR sudah mulai di kenal diberbagai penjuru kota bahkan mancanegara. Banyak tempat wisata yang bisa kita kunjungi diantaranya:

    >> Pantai Bone dengan panorama pantai yang mempesona ..
    >> Pantai Membuku
    >> EE’ Kapala
    >> EE’ Nunu
    >> Matarumbia
    >> EE’ Ngkoruru
    >> EE’ Ngkarede
    >> Permandian air asin MOLOKU

    Sebagai putra-putri daerah sudah menjadi tugas kita untuk melestarikan dan menjaga keindahan kebudayaan kita sendiri..
    Hidup BUTUR..

  10. mahmud halim berkata:

    seara kesukuan suku yang ada di butur adalah suku kulisusu yang pada umunya berdomisili di ‘ereke n lipu’.(Historically)

    itu hanya istilah poinya kan tetep buton utara

    orang menggunakan kata ereke sudah sejak lama sedangkan istilah buton utara kan baru beberapa tahun terakhir. doesn’t it make sense.

    kata ereke dan buton utara seyogyanya tidak harus dipermasalahkan.

    banyak orang kulisusu yang sudah sukses di daerah lain. sayangnya rasa pesimis akan menghantui mereka ketika harus berpikir kembali kedaerahnya.

  11. LA ODE KARYA RAHMAD BAKARI berkata:

    yah, saya pikir it’s ok.
    tapi, menjadi masalah juga bila ternyata hanya karena masalah penempatan ibukota jadi kacau balau. entah di ereke atau dimanapun yang ptg tetap aja ibukota buton utara itu ada, kan aneh bila suatu kabupaten tidak ada pusat kota. sudahlah ga usah repot2 milih t4 mana yang penting kita kompak dan damai, daripada spt org perrrangngggg kan lebih jelek lagi akibatnya.ereke adlah bagian dari butur bkanlah butur adalah ereke, krna kcmatan yang lain jg memiliki andil daslam pembentukan butur ini.TOPEKAMASIA MASIAKO DARIPADA TOPEKEMUSU, DHAA BHO WINEWEU MALAH TO HANCURU.

  12. deny berkata:

    saya sebagai putra daerah butur yang berdomisili di makassar sangat2 menyayangkan dengan berkembangnya isu-isu mengenai status ibu kota.kenapa harus itu yang di permasalahkan sekarang apakah yang lain menyangkut pembangunan infrastruktur sudah di benahi atukah belum dibenahi.persoalan status ibu kota itukan ada UNDANG-UNDANG yang menentukan saya pikir itu sudah jelas,jadi yang harus kita perioritaskan saat ini adalah penataan berbagai infrastruktur agar masyarakat itu mengetahui dengan jelas bahwa pemerintah itu bekerja dengan solid untuk kesejahteraan masyarakatnya.persoalaan ibukota kalau mau jelas mari kita wujudkan PILKADA secepatnya,kalau sudah definitiv baru akan terjawab semua…………salam sahabatmu dari makassar

  13. Abdurrahman Lauda berkata:

    Permasalahan klasik, apabila ada suatu daerah yg kurang berkembang/ tidak maju seperti daerah yg lain pada kabupaten/ propinsi yg sama, maka mereka yg ada di daerah tsb akan menuntut untuk membuat daerah/ kabupaten baru. Padahal hal ini adalah hasil dari ketidakmampuan gubernur/ bupati mengelola daerah mereka.

    Apakah benar yg menginginkan terbentuknya daerah/ kabupaten baru adalah murni aspirasi masyarakat? Karena pada banyak kasus pembentukan kabupaten baru, mereka yg diuntungkan dengan keadaan ini adalah para elit politik bukan masyarakat awam.
    Dengan terbentuknya kabupaten baru maka akan menjadi ajang para elit politik untuk melampiaskan nafsu mereka. Mereka akan bertarung untuk menjadi Bupati/ wakil Bupati, Ketua/ anggota DPRD atau jabatan2 sperti kepala dinas dan jabatan2 lainnya.

    Pertanyaannya adalah, dengan terbentuknya kabupaten baru apakah masyarakat dapat segera memperoleh apa yg mereka inginkan? apakah masyarakat dapat menikmati jalan yg mulus? sehingga memudahkan untuk mengangkut hasil kebun mereka ke kota? apakah masyarakat dapat menikmati iklim berusaha yg memihak mereka? yang ada malah masyarakat makin terbebani oleh restribusi/ pajak-pajak baru yg harus mereka bayar.

  14. REVO ADRIAN MUHALING,SE. berkata:

    Many people say that ereke was an Durban Area cause access to go there. In my opinion ereke was an beautiful cause one and half years i’ve been there and working there.In here Government must working proactive to promote everything at there such as tourism objects.
    One thing that I want to tell all of people who comes from Ereke and working out of Ereke, all of you must give the best efforts that you’ve to makes people in Ereke proud of you.
    I hope that in the next couple years later Ereke will be different than the first time I came there.
    Keep going man (Mr.Ridwan Zakariah)….makes Ereke different….bravo

  15. joffri herman berkata:

    saya tertarik dengan tulisan di atas, walaupun saya sdh hampir 11 tahun tidak menginjak lagi ereke .. apakah udah berubah setelah mekar atau belum …..

  16. mahmud halim berkata:

    now. kulisusu is so much better. jalan-jalan mulai di perbaiki. contohnya, jalan ereke langkumbe sudah di benahi, pendakian sudah di keruk dan kayaknya sudah akan segera di aspal (hopefully).

    well! even, sekarang lagi gencar-gencarnya kampanye dan isu politik, mudah-mudahan tetap keep in peace.

    i ve been 5 years in out(for study) of kulisusu but i am still keep in touch with them. i comes there every year. and i very proud being an kulisusunese. in fact, i am not native, i am javanese, but i been in years there. i grew up there and i have my childhood there.

    i love you so much kulisusu. i totally expect you to be better in different face.

    kulisusu lipu poiahangku. riasoa tamangku te cinangku, riasoa curuano reangku, kulisusu hina be kukolumpeo!! (adopted from membuku song)

  17. novi hasmitha berkata:

    memang BUTUR it’s the best

  18. jaslan berkata:

    jgn sampai perbedaan terjadi di kampung kita,yg penting kampoto i jadimo kabupaten,ingkai ri ai to dukung o torusu mianto ri asoa,by jaslan laboroko.tg.pinang kepri

  19. m nur hidayat berkata:

    Kita lahir dengan otak di dalam tengkorak kepala kita. Sehingga tidak peduli semiskin mana pun kita, kita tetap kaya. Kerana tidak akan ada seorang pun yang dapat mencuri otak kita, fikiran kita dan idea kita. Dan apa yang anda fikirkan dalam otak anda jauh lebih berharga daripada emas dan perhiasan.

    Kita lahir dengan 2 mata dan 2 telinga, tapi kita hanya diberi 1 buah mulut. Kerana mulut adalah senjata yang sangat tajam, mulut bisa menyakiti, bisa membunuh, bisa menggoda, dan banyak hal lainnya yang tidak menyenangkan. Sehingga ingatlah bicara sesedikit mungkin tapi lihat dan dengarlah sebanyak-banyaknya.

    Kita lahir hanya dengan 1 hati jauh di dalam diri kita. Mengingatkan kita pada penghargaan dan pemberian cinta diharapkan berasal dari hati kita yang paling dalam. Belajar untuk mencintai dan menikmati betapa kita dicintai tapi jangan pernah mengharapkan orang lain untuk mencintai kita seperti kita mencintai dia.

    Berilah cinta tanpa meminta balasan dan kita akan menemui cinta yang jauh lebih indah.

  20. mahmud halim berkata:

    all you have to do is give the best to the our homeland. whatever people said. it doesn’t make us to be separated and hate each other. we supposed to proud of our unique culture, rich land, natural environmental, and other uncovered natural wealth that not every land have it.

  21. karnain berkata:

    Menurut saya kabupaten buton utara merupakan kabupaten yang perlu di contoh oleh kabupaten-kabupaten lain di Sultra karena baru beberapa tahun terbentuk sudah membuat sarana prasarananya dengan baik,conthnya jalan,pokoknya maju terus BUTUR !!!!!!!!!!

  22. YUNI FITRI MANDJAKARI HASAN berkata:

    Saya sebagai putri daerah asal Butur sangat bangga dengan daerah saya,karena daerah saya[BUTUR] merupakan daerah yang bisa mandiri dalam hal pembangunan sarana dan prasarana.LEUMO TO WANGUHO LIPUNTO !!!!!!!!!!

  23. Mohamad Rum berkata:

    mungkin saya tidak lahir di buton utara.. tapi bapak dan ibu saya lahir dan besar disana.. dan saya ingin melihat tanah kampung halaman saya menjadi maju, makmur tapi yang lebih penting damai… karena kemajuan dari suatu daerah dan kemakmuran dari suatu daerah tidak akan terasa optimal jika tidak ada kedamaian disana..(menurut opini pribadi)

    jadi.. saya mengusulkan perbedaan yang ada tidak menjadikan suatu perpecahan.. tapi jadikan perpecahan itu sebagai suatu kekayaan yang menambah maju dan menambah makmur buton utara kita yang tercinta..

    karena perpecahan itu hanya akan menimbulkan kesusahan bagi kita semua..

    wassalam…

  24. Ikadek Sukanegara berkata:

    jadikan buton utara menjadi kabupaten yang sejahtera dan makmur, supaya kedepannya jadi lebih baik. Transportasi,telekomunikasi dan banyak hal yang harus di bangun untuk kesejahteraan!

  25. Faharuddin, M.Si. berkata:

    Perkenalkan, saya Putra Asli Buton Utara yang sekarang bekerja di BPS Provinsi Sumatera Selatan (Palembang). Terima kasih atas informasinya mengenai perkembangan di Ereke. Benar, Buton Utara identik dengan Ereke. Tapi sebenarnya da 20 kampono, sebagaimana lagu ‘Distrik Kolinsusu’ yang kita kenal. Saya kira Buton Utara yang sekarang adalah distrik kolinsusu yang dulu itu. Hidup Buton Utara

  26. i made winaya berkata:

    dimanapun letaknya,kita sebagai warga NKRI yang baik, sepatutnya kita mendukung dan bersatu membangunan buton utara yang aman,indah dan lestari serta kemajuannya harus dimotivasi…!meskipun saya warga pendatang,tapi saya punya niat utuk membangun BUTUR menjadi salah satu kabupaten yang bisa memberikan contoh kepada kabupaten lainnya meskipun BUTUR baru berdiri….!!!

    mari kita bangun BUTUR kita…dan jangan di jadikan layang-layang…!!!!

    M A D E BURANGA

  27. muhammad hajar mustanil berkata:

    saya adalah orang butur besar dibutur tepatnya di Wakorumba Utara…. saya mohon kepada teman2 semua tak usahlah kita permasalahkan masalah penempatan ibukota. Buton Utara milik kita semua… marilah kita menatap kedepan untuk membangun butur agar lebih baik… saya minta kepada pemerintah BUTUR pembangunan harus merata disetiap kecamatan jangan diereke saja dongg.. agar tidak ada suara2 sumbang diluar

  28. afthon yazid berkata:

    actually, i do miss with this island
    but i don,t when i can visit this island

  29. La Remmy berkata:

    Siapapun dia, di manapun berada sekarang, kalau merasa berasal dari Buton Utara, pasti menginginkan kabupaten baru ini bisa lebih cepat maju. Tetapi itulah salah satu yang dihadapi sebuah kabupaten baru, biasanya ada yang langsung mempersoalkan posisi ibu kota. Mengapa itu tidak kita abaikan saja, dan memberi saran-saran ke pemerintah untuk terus melengkapi sarana dan prasarana. Kalau itu sudah tertata, secara otomatis ibu kota bisa dipindahkan ke Buranga sesuai dengan undang-undang pembentukannya. Sebagai orang Buton Utara, saya mengajak mari kita bersatu mensuport pemerintah untuk terus melakukan penataan. Bukannya melakukan demo yang hanya menghabiskan energi karena kecewa, misalnya. Berdemo perlu dan sangat perlu, bila itu menghasilkan sesuatu untuk kepentingan banyak orang. Sory, dan maaf, ini benar-benar curhat karena ingin Buton Utara lebih maju dari ketika saya masih anak-anak dulu. Ayo bersemangat bersama-sama membangun Buton Utara.

  30. tiara surya berkata:

    salut to bung Remmy… Dimanapun kita berada, apapun spesialis kerja kita, dan perbedaan antara kelompok satu dgn yg lain serenggang apapun itu… Bila dlm diri/nurani kita masih ada rasa memiliki kata ‘putra daerah’… Betapa indahnya bila perbedaan itu disatukan dgn naluri dan perbuatan: memajukan daerah tercinta kita. Mari bersama kita tunjukan bahwa buton utara lebih maju dari ‘saudara tuanya’. Dari sabang sampai merauke, putra daerah butur telah banyak berbuat. Bahkan ‘Berkibar’ di ibukota, tak terhitung jari…Sekarang, marilah kita berbuat utk tanah tumpah darah tercinta kita, kampung halaman kita… Biar tanah tercinta kita tak ‘malu’ telah menghadirkan kita sebagai putra daerah…

  31. hery berkata:

    butur rencana tata ruangnya (RTRW),,sgera siap disah kan jadi PERDA,,
    jadi pembangunannya semoga makin terarah,,bravo butur

  32. PETER berkata:

    saya bangga jadi putra butur,ini merupakan anugrah yg paling indah buat kita smua…..hanya saja aku punya sebuah kritikan buat kampung halaman saya ini terutama mengenai sistem pemerintahannya,sebenarnya sistem pemerintah seperti apa sih yg dianut BUTUR skrg….?.tiap ada pilkada sungguh begitu banyak org yg menjadi sasaran korban politik,apa ini bisa menjadikan BUTUR kedepannya bisa lebih baik…???.org yg punya peranan penting disingkirkan tanpa tujuan yg jelas…..sangat aneh bukan…???.klw bisa maju dewasalah sedikit…..jgn tumpang tindih sama2 sodara….OK.

  33. PETER berkata:

    assalam alaikum…
    BUTUR…tak asing lg buat kita,keadaannya yg strategis dan hasil bumi yg melimpah ruah menjadi rezeki yg tak ternilai harganya sbg penerusnya….tapi,alangkah baik lagi jika kondisi kesehatannya turut diperhatikan.so masih banyak desa2 yg tdk diperhatikan keadaan air bersihnya oleh pemerintah setempat hingga dosenq banyak yg mengkritik ttg hal itu……..apakah kita tdk malu dgn kondisi seperti ini….?.aku sbg putra butur merasa malu sekali jika mndapat penghinaan yg membosankkan..

  34. BURHAN SAMARI berkata:

    buton utara adalah suatu kota yang baru mekar tetapi punya gaung yaqng luar biasa. disatu sisi kondisi selama ini uatamanya pertentangan tentang ibu kota, bagi saya ada manfaatnya. terlepas itu sebuah konflik, kekisruan ini menjadikan KABUPATEN BUTON UTARA jadi dikenal dimana-mana kalau di negara RI ini ada kabupaten yg bernama Buton Utara. setelah ini rampung tugas kita bersama adalah sama-sama membangun Buton Utara dengan membawa image positif tentunya untuk. saya percaya 10 s/d 20 tahun kedepan, Buton Utara akan menjadi sala satu kabupaten tempat studi banding karena kebesarannya, kita pasi bisa………….

  35. I Gede Agus Suparta berkata:

    Salam Indonesia! Hay kawan2 yg ada di Ereke, hemmm membaca tulisan ini mengingatkan saya tentang pengalaman selama hidup dan besar di Buton Utara. walaupun sy pemuda berdarah Bali tetapi sangat dekat dengan kebiasaan hidup ala Kulisusu. perjuangan yg dilakukan oleh masyarakat Buton Utara tidak berhenti sampai disini saja melainkan terus bersemangat membuktikan bahwa Buton Utara memang pantas mendapatkan apa yang selama ini menjadi miliknya. kekayaan alam dan potensi daerah yang dimiliki pasti akan menjadi modal utama membangun daerah. Kulisusu curu ano reangku…Salam

  36. ergis pratama putra berkata:

    ass…..
    taukah anda bahwa buton utara itu ibaratkan sebuah periuk diatas tungku yang menyala besar,apabila nyala api kurang panas, maka apapun yang ada dalam periuk itu takkan pernah jadi masakan yg slama ini anda impikan…, sama halnnya dengan buton utara, apabila kita cuma tau untuk tinggal tanpa berinisiatif memajukan atau mengembangkan beberapa potensi yg ada, atau menambah potensi2 yang belum ada, niscaya sang pasir putih membuku, akan menangis tersendat-sendat menyaksikan para anak2nya yg melalaikannya…

  37. HANTU LAUT berkata:

    HAHAHAHAHA yang jelas EREKE FULL KAYU NYA….slama masi banyak kayu…masi bisa jaya..tpi sayang pemasukan daerahnya banyak tpi itu jalanan jalanan masi hancurr..para perlu dipertanyakan pemerintahan di kota butur

  38. Deddy berkata:

    Sebelum sy menorehkan uneg2,trlebih dahulu sy membrikan apresiasi yg luar biasa ut tulisan ini krna telah ikut mmpromosikan buton utara.
    Lepas dari persoalan nama ereke,kulisusu atw buton utara.. serta kenaifan mereka2 yg menyoroti judul artikel ini,jelas sx ini sangat mencerminkan kedangkalan brpikir.
    Apakah anda sekalian para pembuat coment dsini tahu!?entah itu yg merasa putra asli daerah kulisusu/ereke/buton utara ataupun pendatang yg sdh merasa seperti putra/orang asli kulisusu/ereke/buton utara, ketika anda,bpk,saudara lg brbincang sesama org2 dr kulisusu/ereke/buton utara saat d tanya oleh orang asing(luar daerah kulisusu) apa jawaban yg d dapat oleh org2 yg brtanya tsb..!?
    Yg sy tau n yg sy amati selama 1 dekade trakhir ini dari 10 orang yg dtanya hanya 3 yg menjawab bahwa bahasa yg d pergunakan adlh BAHASA DAERAH KULISUSU(POGAU KOLINSUSU),selebihnya mjawab POGAU EREKE..!?
    Dari zamannya para Waopu sampai pd zaman modern ini Tidak ada satupun Literatur yg menyebutkan adanya POGAU EREKE..!!?
    Kembali pada persoalan judul artikel; artikel ini pada hakekatnya entah mau berjudulkan JALAN2 K NEGERI SYURGA pun sah2 saja,asalkn tidak menenggelamkan sisi profil daerah yg d angkat n d kunjungi.
    Lanjut lg pada era dmn Kulisusu/ereke yg skg tlh menjadi daerah Dati II(BUTON UTARA), yg mana bbrapa pihak serta khendak segelintir org n kepentingan yg tak ingin kulisusu mnjadi kabupaten Mempermasalahkan letak ibukota Buton utara.
    Sblm sy lanjut mengulas hal ini; tahuka anda smua bahwa pada saat perjuangan mnuju buton utara tidak ada ksepaktan ut mnempatkn ibukota d BURANGA..!!? TIDAK ADA..!!!?
    Letak ibukota sampai d tetapkn d Buranga itu krna Intervensi seorang RIDWAN BAE(Bupati Muna pd saat perjuangan mnju Buton utara) serta pihak2 yg tak ingin Kulisusu mnjadi kabupaten. Tanpa melupakan serta tanpa mengesampingkan brapa kecamatan yg brgabung k pemekaran buton utara n tanpa melupakan keputusan KEMENDAGRI yg telah mnetapkn Buranga sbg ibukota,marilah kita smua brpikir dgn logika yg sehat dari uraian sy tsb. Bhwa pd dasarnya sejak awal perjuangan Buton Utara pihak kab. muna(kab. Induk) tidak Respek akan perjuangan masyarakat kulisusu pd saat itu.
    Jadi menurut hemat saya,yg mnjadi pokok permasalahan kita smua saat ini adalah bgmana membangun,memajukn Buton Utara dgn akhlak2 terpuji,dgn akhlakul qorimah,dgn iptek n imtak,bkn dgn saling siku sana-sini,saling tuding,saling fitnah,saling mnyalahkn,saling iri n dengki..karena kita smua bakalan d tertawakan oleh mereka2 yg tak ingin Buton Utara maju.
    Satu catatan sejarah yg perlu kita tanamkn jauh d dasar hati dan memori otak kecil n besar kita, yakni..pada saat peralihan dari sistem pemerintahan Kerajaan/Kesultanan ke pemerintahan Modern, Putra daerah KULISUSU akan mendapat giliran alias jatah ut memimpin d kab. Muna,krn pd saat itu jika kulisusu tdk brgabung dgn muna maka pd saat itu hingga dunia kiamat tak akan prnh jd Kabupaten..dan pada kenyataanya kulisusu d khianati..!!
    Jd pernyataan sy..Maukah anda sxan menjadi Boneka..Tameng..Budak..kepentingan mereka-mereka yg tak ingin Butön Utara maju hingga sampai kapanpun.
    Oleh karena itu sudah saatnya kita bangkit,sudah saatnya kita mendobrak tirani2 yg membelenggu Buton Utara..hingga akan menjadikan Buton Utara sebagai “Kiblat” bagi Kabupaten2 lain d Sulawesi Tenggara bahkan se-Indonesia.
    Akhir tulisan sy..sy memberikan apresiasi special khusus buat mereka yg telah Lahir,besar,n bangga menjadi orang Kulisusu walaupun mereka brasal dr luar daerah kulisusu.
    My contact : 08194028910 -081340377574

  39. Deddy berkata:

    Te anu ntaanu bpk abdul syair..yo persoalano nge ngkulisusu..ereke ataupun buton utara samononahano tanpa hinatosadario saluwuo aiso lahiri mina ingkita saluwu qita..biasano kendocukana qita mia luara, pogau hapa iko mimpogau ako..spontan tojawapu…ooh, Pogau Ereke..(dawua ungkude mina satoorimai/sapahamumai ndopocuduikaimo miamocuamai bho montopu-topu hal okidi ngkaiso)jd samononahano saluwuo aiso krna faktor totesesemo..jd iso karna tosesemo ngkaiso aahirino telausako turusu.
    Persoalano ibukota samononahano inao masaalah owose..,ako karna ompele kepentingan sumawikio aahirino yijadi owose.(baca jg coment sy yg bhs indonesia)
    Bpk abdul syair, kepentingano inaiyo winawamiu sampai yi artikel mokesa aiy mimpecukanaako/mimpersoalkan ibukotano butur…!!?
    Bheku pecukanapo ingkomiu..waktu saluwuo mia pialoano ndolako dumemo yiWuna..ingkomiu maina..!!?
    Kehinamidaa ataupun mente karena miano kulinsusu ako mimpoiya luarano kulisusu..labhino ise yi ompole ea inurusu..ruono jamani yaai yi butur ompole ea mia ndopomparapara pintara..ruono bharaako miiusu golongano mia modakidakino Tatanan kehidupan bermasyarakat d butur.ruouno persoalan umutamano yi butur kaumpehano bheto wanguho kampo,hina kadi mompalahiri persoalan2 okidi bhei jadi owose..ruono kuontoho yiartikel yaai hina daa pengulasan mendasar tou potae yo ibukota hapai kai ereke hina yi buranga..
    Kalau memang Bpk abdul syair orang asli kulisusu pasti akan membls coment sy dgn bahasa kulisusu.

  40. ANAK BUTON berkata:

    DARI PADA MEMPERMASALAHKAN LETAK IBU KOTA,
    LEBIH BAIK MEMBANGUN SARANA PRASARANA YANG ADA, KHUSUSNYA JALAN-JALAN YANG MENGHUBUNGKAN KAB. BUTUR DENGAN KAB. BUTON (EREKE-BAU BAU).

  41. Kahadir Muhamad Odhe Kioko berkata:

    Butur adalah salah satu daerah otonom dprovinsi sulawesi tenggara..sebagai slh satu daerah kabupaten tentunya butur terdiri dari beberapa kecamatan yang terkabung dalam wilayah kabupate buton utara..dan berdasarkan amanah UU No 14 Tahun 2007 ditetapkan Buranga kecamatan Bonegunu sebagai Ibu kota Kab Butur.(pasal 7).olehnya itu sy menghimbau kpd seluruh masyrkt utamanx para intelektual muda dmnpun skrng saudara(i) berada mari kita sempatkan wkt untuk mmbisikkan k’telinga pemerintah daerah butur bahwa apa yang mrk lakukan saat in dgn mmbangun fasilitas prknatoran diluar konteks uu adl bentuk PEMBANGKANGAN TERHADAP UU..

  42. Suatu hal yang tdk bisa Di nafiqkan bahwa terbentuknya kab Butur tidak lepas dari Restu UU No 14 Tahun 2007 sebagai Dasar Hukum pembentukanya.olehnya itu sejatinya semua pihak yang berada dibawa Naungan NKRI khususx Butur tidak melihat penempatan Ibu kota sebagai ajang saling mengadu egosentris dan nafsu kekuasaan..UU telah mengamanatkan bahwa ibu kota BUtur terletak di BURANGA kec BONEGUNU..akan ttapi pemkab butur dgn mata tlanjang mempertontonkan pembangkangan tsb dimata pablik..apakah in sosok pemerintah yg mesti dicontoh??,,Naujubillah..
    Saya kemudian sangat2 menyayangkan ketika para punggawa2 butur yg mmiliki kapasitas intelektual lebih terkesan perpikiran dini dan kekanak-kanakan…apa mngkin mesti harus kembali mnjadi ank2 lg…BURANGA HARGA MATI..

  43. SANTO berkata:

    BUTUR merupakan sbuah kabupaten yang mempunyai potensi yang dapat maju setara dngan kabupaten lain yang sudah lama mekar, tetapi jika karena hanya persoalan letak ibu kota kebersamaan kita akan hancur itu merupakan kesalahan besar, sy kira EREKE lah Yang pantas jd Ibu kota………..

  44. Rahman berkata:

    Perkenalkan saya putra muna lahir di kulisusu. tepatnya di muara nganga buaya – dekat pelabuhan. Keluar dari kulisusu tahun 1977. Setahu saya kec. ereke itu ibu kotanya kulisusu. Saran aja butur ganti aja ama ereke n ibukotanya kulisusu. beres kan.

  45. Rahman berkata:

    sory kebalik kec. kulisusu ibu kotanya ereke

  46. Rahman berkata:

    ada yg punya lagu kulisusu……………. minta dong.

  47. Harrybuthunywolio berkata:

    alngkah baiknya mintalah usul dr keraton wolio penempatan ibu kota butur bagusx yang mna.., spy butur bs brjaya lg sprti d’jaman kesultanan dahulu, Harry Abdul Anis putra keraton buton keturunan bonto ogena

  48. indah pelangi berkata:

    waow…luar biasa apresiasi masyarakat butur…baik yg di dlam daerah maupun yg diluar sana…butur pasti bisa

  49. Djafar berkata:

    Tabe……..!!!
    salam ereke dan salam blogger,
    wah..wah..wah.. ini forum atau apa ya..???

  50. nani berkata:

    wah….rame ya komentnya tentang butur, letak daerah gak masalah yang penting kita warga BUTUR harus menunjukkan identitas kita khususnya pelestarian budaya dan tradisinya yang perlahan mulai sirna…

  51. darma berkata:

    Bisa bantu ngk ?
    dari kendari ke ereke gimana caranya ? mohon petunjuknya trima kasih?

  52. Nasruddin berkata:

    Ke pelabuhan lama kendari, cari kapal tujuan wanci. semoga bisa membantu

  53. ARDIAN berkata:

    KOREKSI UNTUK TULISAN INI “Hari itu saya akan pergi menuju ke Kulisusu, ibukota sementara Kabupaten Buton Utara yang untuk keperluan dinas”.
    —-> SEJAK PEMEKARAN LETAK IBU KOTA BUTON UTARA TIDAK PERNA BERUBAH.. TETAP DI BURANGA…..

  54. Ardin Butur berkata:

    Assalamualaikum wr. wb.
    SALAM BAHAGIA UNTUK MASYARAKAT BUTUR….. Banyak sx coment yah,,,,,,,,,,
    Sebagai putra kab. BUTUR,,, Dari sekian coment saudara2 i2 merupakan salah satu cara untuk membangkitkan masyarakat BUTUR untuk berusaha dan mendirikan pembangunan2 yang mesti di butuhkan.
    janganlah selalu mempermasalahkan penempatan ibu kota kabupaten, yang akhirnya juga akan meresahkan dan menimbulkan dampak-dampak yang asanya kurang baik bagi masyarakat BUTUR. sesungguhnya yang terpnting kita disngghkan di dunia adalah mencari KEBAHAGIAAN (hidup damai teratur dengan berjiwa corsa). nah, jika memang seperti ini ngpain mencri2 masalah yang pada akhirnya menurunkan derajat orang lain.
    thank you….
    I Love BUTUR……..
    BUTUR/EREKE/Kulisusu lipu poiahangku….
    Wassalam………………….
    ardin butur

  55. fathur berkata:

    Yang Penting Infrastuktur di Kabupaten Buton Utara Harus Lebih Baik dari Tahun Kemarin Supaya Perekonomian Berjalan. Kambowa, Bonegunu, Kulisusu Barat, Kulisusu Utara, Wakorumba utara dan Kulisusu (Ereke) Untuk berkomitment.

  56. Odam berkata:

    Hm…persoalan ibu kota, udah ada lembaga yg menangani husus suara rakyat, yg jelas dimasa perjuangan hanxlah segelintir saja yg mndukung dari kambowa dan bonegunu, itupun masih saya hafal orangnx. Skrang yg bnyak membantah udah penentang 2 terdahulu.hm..hm..

  57. kredyt rzeszów berkata:

    Have you ever thought about including a little bit more than just your articles?
    I mean, what you say is important and everything. But just
    imagine if you added some great pictures or video clips to
    give your posts more, “pop”! Your content is excellent but with pics and video clips, this website could undeniably be one of the greatest in
    its field. Amazing blog!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s